Atletico Juga Punya Koke


Chocobet - Atletico Madrid bukan cuma soal kolektivitas tim atau agresivitas. Ada beberapa individu yang juga menopang tim. Salah satunya adalah Koke.

Bahwa Atletico kerap bertahan dengan amat rapat atau menekan lawan dengan konstan ketika tidak sedang menguasai bola, semua sudah mengetahuinya. Namun, jika urusannya hanya soal bertahan semata, Atletico tentu tidak akan sampai ke papan atas --apalagi menjadi kandidat juara.

Pada akhirnya, Atletico butuh sebuah serangan cepat untuk menyempurnakan gaya main. Di lini depan, mereka sudah memiliki Antoine Griezmann yang lincah dan Fernando Torres yang mampu menemukan celah di lini pertahanan lawan. Namun, pergerakan Griezmann ataupun Torres tidak akan berarti tanpa gelandang yang jeli.

Di sinilah Koke menjadi penting. Gelandang bernama lengkap Jorge Resurreccion Merodio ini punya kemampuan untuk melepaskan first-time pass dengan baik. Kemampuan Koke ini jugalah yang membuat Torres belakangan terlahir kembali.

Dalam empat pertandingan terakhir, Torres sukses mencetak 4 gol. Yang menarik adalah bagaimana beberapa gol Torres itu tercipta. Simak ketika ia membobol gawang Barcelona pada leg I perempatfinal Liga Champions dan Granada akhir pekan lalu. Pada dua gol tersebut, Torres melihat celah di lini pertahanan lawan, sebelum akhirnya menerima umpan terobosan dan menceploskan bola ke dalam gawang.

Koke-lah yang memberikan assist untuk kedua gol tersebut. Tanpa kemampuannya untuk melepaskan operan secepat mungkin, sudah tentu usaha Torres untuk bergerak ke ruang kosong sebelum bek lawan menyadarinya bakal sia-sia.

Di La Liga musim ini, Koke sudah menyumbang 13 assist, yang mana menempatkannya di posisi teratas daftar pencetak assist terbanyak La Liga. Ia mengungguli Luis Suarez (12 assist) dan Cristiano Ronaldo (11 assist).

Dalam catatan Squawka, Koke juga sudah membuat 69 peluang untuk Atletico musim ini. Catatan tersebut membuatnya menjadi kreator peluang terbanyak di Los Colchoneros di 2015/2016 sejauh ini.

"Dia adalah pemain yang luar biasa. Semakin banyak kesempatan bermain untuknya, semakin berbahaya dia. Saya harap, dia terus seperti ini," kata pelatih Atletico, Diego Simeone.



0 comments: