Farhad Moshiri, Pebisnis Iran yang Kini Miliki Everton


Chocobet - Everton punya pemilik baru di samping Bill Kenwright. Orang itu adalah pengusaha asal Iran bernama Farhad Moshiri yang kini menguasai nyaris 50 persen saham klub sekota Liverpool itu.

Kenwright sendiri sudah memiliki Everton sejak 1999 dan selama kurang lebih 16 tahun terakhir ini, dia coba mencari investor pendamping demi menyuntikkan dana besar agar The Toffees mampu bersaing secara rutin setiap musimnya di papan atas.

Harapan Kenwright itu tercapai setelah pekan ini, dia mencapai kata sepakat dengan Farhad Moshiri, pengusaha asal Iran, yang menggelontorkan dana 87,5 juta poundsterling untuk membeli 49,9 persen saham kepemilikan di Everton, 27 Februari lalu.

Moshiri sendiri bukan orang baru di kancah sepakbola Premier League sebab pria 60 tahun itu sebelumnya punya saham 15 persen di klub Arsenal. Namun, sehari sebelum pembelian saham Everton, Moshiri menjual ke pengusaha Rusia yang juga pemiliki saham The Gunners, Alisher Usmanov, partnernya di Red & White Holdings group.

Lalu siapa Moshiri, yang selama ini jarang dipublikasikan sebagai salah satu owner klub Premier League itu?

Lahir di Iran pada 18 Mei 1955, Moshiri mengawali karier profesionalnya sebagai akuntan publik di beberapa firma top dunia seperti Ernst & Young, Pannell Kerr Forster (PKF), dan Deloitte Touche.

Di perusahaan terakhirnya itu, Deloitte, Moshiri mengenal Usmanov yang memiliki perusahaan pertambangan dan bajanya Metalloinvest. Kebetulan laporan keuangannya diaudit oleh Moshiri.

Dari situ pertemanan keduanya makin erat dan Moshiri diberi saham 5 persen oleh Usmanov. Setelah itu, perlahan-lahan usaha Moshir di berbagai bidang berkembang pesat, seperti pertambangan, baja, dan telekomunikasi.

Sampai di tahun 2007, Moshiri yang juga punya kewarganegaraan Inggris, mulai diperkenalkan dengan bisnis sepakbola saat membeli saham Arsenal.

"Kedua orangtuaku pergi dari Iran pada tahun 1979, sebelum revolusi Iran," ujar Moshiri kepada Bloomberg.

"Ayahku adalah dokter tentara yang juga belajar patologi dan kemudian menjadi hakim militer senior. Ibuku juga bekerja di perusahaan penjualan rumah top di Iran, Kayhan, di mana sekarang berbasis di London," sambungnya.

Seperti dilansir Forbes, Moshiri punya kekayaan 1,3 miliar poundsterling yang diklaim lebih banyak daripada John W Henry, yang merupakan owner Liverpool.

Kini dengan kedatangan Moshiri, Everton jelas sangat berharap mereka bisa menaikkan level tim untuk bersaing dengan klub-klub besar di papan atas setiap musimnya.

"Saya sangat senang bisa mengambil kesempatan ini, untuk menjadi pemegang saham di Everton, dengan warisan yang kaya sebagai salah satu klub terkemuka di Eropa. Tidak ada level permainan yang lebih tinggi daripada Premier League saat ini. Bill Kenwright (presiden klub) telah mengajarkan saya apa arti menjadi seorang Evertonian dan saya berharap dengan seluruh antusias untuk bekerja dengannya membantu kesuksesan Everton di masa depan," ujar Moshiri seperti dikutip situs resmi Everton.

Sejak mengikuti Premier League, Everton hanya dianggap sebagai "pengganggu" dominasi tim-tim besar. Finis posisi keempat di musim 2004/2005 jadi pencapaian terbaik Everton.

"Saya pikir investor baru akan membawa kesempatan bagi kami dan memenuhi mimpi kami, yaitu menjadi salah satu yang terbaik di kompetisi domestik dan sepakbola Eropa," harap sang manajer Roberto Martinez.




Promo Bonus 100% Deposit New Member Sportbook
Promo Full Rollingan 0.7% CASINO
Promo Cashback 5 - 10 % Sportbook
Mari bergabung bersama kami di www.chocobet.com
Untuk Informasi Selanjutnya silahkan menghubungi CS 24 jam kami
Yahoo Messenger : cs.chocobet@yahoo.com
Line ID : ChocoBet
WeChat ID : ChocoBet
Whatsapp : +855 8586 7230
Blackberry Messenger : 263DA3F4
Livechat : Tersedia di website kami di www.chocobet.com

0 comments: