Kalau Masih Punya Hati Nurani, Saatnya Voter Reformasi PSSI


Chocobet - Ketua Umum PSSI La Nyalla M. Mattalitti diumumkan sebagai daftar pencarian orang (DPO). Momentum ini dinilai sebagai waktu yang tepat untuk reformasi besar-besaran di tubuh PSSI.

PSSI bak ayam kehilangan induknya seiring 'menghilangnya' Nyalla usai rencana penjemputan paksa oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur. Dalam prosesnya, Nyalla dinyatakan sebagai DPO oleh Kejati. Keputusan tersebut dilakukan Kejati setelah Nyalla mangkir dari tiga kali pemanggilan penyidik.

Nyalla memang sedang tersangkut kasus hukum. Dia menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penggunaan dana hibah pada Kadin Jatim untuk pembelian IPO (Initial Public Offering) Bank Jatim.

Pengamat olahraga, Tommy Apriantono, menyebut situasi itu semestinya menjadi momentum bagi PSSI untuk melakukan perubahan total. Bola ada di tangan para pemilik suara, yakni para pengurus provinsi, klub-klub ISL, klub-klub Divisi Utama, klub-klub Divisi Satu, klub-klub Divisi Tiga, sepuluh Divisi Tiga dan dua asosiasi (pemain dan pelatih).

"Dari kacamata hukum, yang satu bilang Nyalla sebagai DPO dan pengacaranya masih bersikukuh kalau menanti praperadilan. Bagaimana yang benar, orang hukum yang paham jawabannya," kata Tommy dalam perbincangan, Selasa (29/3/2016).

"Kalau dari sisi PSSI-nya, momentum ini semestinya, sekali lagi saya katakan, menjadi waktu yang tepat bagi pemilik suara untuk mencanangkan reformasi besar-besaran. Mereka tak bisa sendirian, pemerintah sudah seharusnya campur tangan.

"Ini waktu di mana hati nurani voter kembali diuji. Apakah mereka mau maju atau condong kepada pemilik uang seperti yang sudah-sudah. Pemerintah juga jangan sampai terlambat dalam melangkah. Bersama-sama tim transisi--kalau masih dibutuhkan--segera saja pemerintah menyiapkan ini itu untuk melakukan reformasi.

"Ujiannya sudah berkali-kali, bahkan pernah juga ketua umumnya tersangkut masalah hukum. Tapi, dua kali kecebur dua kali tidak sadar. Kalau berkaca kepada kasus yang dulu, Nurdin Halid bisa dilengserkan dengan anggaran besar. Siapkan saja dalam hal ini tentunya pemerintah, mau tidak mau memang seperti itu caranya. Tapi jangan berhenti di sana, pemerintah wajib punya rencana matang, blue print, untuk menghadapi situasi ini," ucap dosen ITB tersebut.



Promo Bonus 100% Deposit New Member Sportbook
Promo Full Rollingan 0.7% CASINO
Promo Cashback 5 - 10 % Sportbook
Mari bergabung bersama kami di www.chocobet.com
Untuk Informasi Selanjutnya silahkan menghubungi CS 24 jam kami
Yahoo Messenger : cs.chocobet@yahoo.com
Line ID : ChocoBet
WeChat ID : ChocoBet
Whatsapp : +855 8586 7230
Blackberry Messenger : 263DA3F4
Livechat : Tersedia di website kami di www.chocobet.com

0 comments: